Wednesday, August 24, 2011

BIRDS PinkGirlGoWild Solo Exhibition






BIRDS exhibition
Solo by PinkGirlGoWild
20 - 27 Agt - break - 12 - 22 Sept, 11AM - 7PM


BIRDS
ARTIST’ STATEMENT


Apa yang terlintas dalam pikiran Anda saat Anda mendengar kata ‘BIRDS’ ?
Apakah mungkin mengingatkan Anda pada judul salah satu film karya Alfred Hitchock atau mengingatkan Anda pada seorang musisi jazz kawakan bernama Charlie Parker? Keduanya mempunyai persamaan bagi saya, yaitu dirindukan dan dikagumi.

Lewat pameran tunggal terakhir, saya merilis sebuah karakter burung bernama PIYIKO, atas dasar kerinduan terhadap suara dan kehadiran burung yang rasanya kini semakin mahal karena perkembangan pembangunan. Ternyata untuk melihat atau mendengar burung – burung itu sendiri pun kini semakin sulit ditemukan, kecuali Anda memeliharanya, Anda mempunyai perkarangan rumah yang cukup luas, mempunyai pohon besar di perkarangan atau di lingkungan sekitar rumah Anda, dan Anda mempunyai waktu yang cukup untuk bertemu kesempatan mendengar suara burung atau melihat wujudnya. Padahal dulu burung – burung gereja lebih mudah ditemukan dimana saja dibandingkan kini.
Ternyata kerinduan itu berkembang. Hal ini tercetus saat menemukan sebuah cd yang berisikan suara burung dan dijual murah hanya Rp 10,000. Bayangkan! Betapa sebuah proses alamiah, sebuah kejujuran, dan sebuah keindahan dapat dibeli dalam bentuk kepingan cd yang kita tahu bahwa burung itu sendiri tidak tergantikan oleh material apapun, atau jika Anda benar – benar ingin menikmatinya sesuai keinginan Anda maka dapat dibeli dan disangkarkan. Akhirnya burung (bagi saya) menjadi sebuah idiom yang mewakili kerinduan terhadap hal – hal yang hilang, dan ’burung’ pada akhirnya menjadi sebuah lambang yang mewakili hal – hal hilang yang dirindukan tersebut. Oleh sebab itu di pameran tunggal kali ini burung yang ditampilkan merupakan sebuah bentuk keindahan tanpa wajah, untuk mewakili identitas yang hilang dan yang saya rindukan.
Bagi saya pribadi ’burung’ merupakan sebuah lambang untuk mewakili kerinduan saya terhadap sebuah ketulusan, kejujuran, proses alamiah, kesederhanaan, dan harapan yang sekarang ini semakin sulit untuk ditemukan, dimiliki, dan dihargai.

Melalui pameran BIRDS ini saya berharap dapat menyajikan sebuah kegelisahan tentang apa yang saya rindukan, sebuah hal yang sederhana namun indah. Seindah melihat seekor burung gereja, kecil, berciap dan melompat di perkarangan walaupun hanya 5 detik.

PINKGIRLGOWILD
pinkgirlgowild@yahoo.com – www.pinkgirlgowild.blogspot.com


PRESS COVERAGE:
http://sub-cult.com/daily-cult/inkubatorbirds.html

COMMENT:
http://wanderlustandwonder.com/2011/08/22/%E2%98%9E-for-the-birds/

You can get the artist's limited merchandise on: AMPERSAND
Lucky Cat & papa Muertos Tshirt (special edition released by unkl347 - special for AMPERSAND, Concept Store)
Happy Jar, Blind Letter, Matches Soulmatch by Tokai special edition by PinkGirlGoWild, Lucky Bstrd Poster

1 comment:

ROBO said...

aku suka karya PGGW :) semangat:)